close
tips memilih kipas laptop

Anda harus bisa memilih kipas laptop yang memiliki kualitas tinggi, berikut tips memilih kipas laptop yang bisa menjadi panduan saat membeli. Cooling pad atau cooler laptop merupakan alat yang digunakan untuk mendinginkan atau menurunkan suhu pada laptop. Tujuannya agar laptop tersebut tidak terlalu panas saat digunakan berjam-jam. Jika laptop terus-terusan dalam keadaan panas, kemungkinan laptop tersebut bisa tidak awet. Oleh karena itu, banyak pengguna yang membeli cooling pad agar laptopnya bisa awet.

tips memilih kipas laptop

Mungkin banyak orang yang membeli cooling pad hanya sekedar bisa mendinginkan laptop saja, tidak memperhatikan kualitasnya lebih lanjut. Begitu juga dengan penjual, biasanya mereka akan menjual cooling pad yang memiliki kualitas biasa bahkan kurang bagus. Padahal, cooling pad tidak hanya digunakan untuk mendinginkan saja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli cooling pad. Laptop Anda membutuhkan cooling pad yang tidak hanya sekedar mendinginkan laptop saja. Berikut tips memilih kipas laptop (cooling pad) yang memiliki kualitas tinggi.

Memilih ukuran kipas yang besar

Saat memilih cooling pad, usahakan memilih cooling pad yang berukuran lebih besar daripada laptop yang digunakan. Tujuannya agar hembusan angin bisa lebih besar dan terkena di seluruh badan laptop.

Pilih jumlah kipas lebih dari satu

Setelah memilih ukuran kipas, Anda juga harus memilih jumlah kipas. Sebaiknya jumlah kipas yang dipilih harus lebih dari satu supaya angin yang dihasilkan bisa lebih banyak. Selain itu, jika jumlah kipas lebih dari satu, kemungkinan angin bisa masuk ke dalam laptop lebih besar.

Pilih kecepatan kipas yang tinggi

Apabila memungkinkan, Anda bisa memilih kipas yang memiliki kecepatan tinggi. Kipas yang memiliki kecepatan tinggi biasanya angin yang dihembuskan juga lebih besar.

Pilih bahan kipas yang terbuat dari besi

Pilihlah kipas yang terbuat dari besi atau alumunium agar bisa dengan mudah menghantarkan panas. Sebaiknya jangan memilih kipas laptop yang dibuat dari bahan plastik. Percuma saja, kipas tersebut tidak akan membantu laptop menjadi lebih dingin.

Keempat hal di atas merupakan hal-hal yang diperhatikan saat memilih kipas laptop. Kipas laptop yang memiliki kualitas tinggi bisa membuat laptop menjadi awet dan tidak gampang rusak. Panas yang dikeluarkan bisa diserap oleh angin yang dihembuskan dari kipas.

Leave a Response