close

Tips Mengatasi Smartphone Terkena Air

smartphone terkena air

Banyak orang yang merasa takut dan khawatir saat smartphone milik mereka terkena air, misalnya saja tidak sengaja terkena cipratan air saat kehujanan. Lebih ekstrim lagi apabila tercebur ke dalam air. Air memang menjadi momok yang menakutkan bagi para pemilik gadget dan smartphone. Pasalnya barang-barang tersebut rentan terhadap air. Air dapat merusak benda-benda elektronik hanya dalam waktu sekejab.

smartphone terkena air

Saat ini memang telah banyak bermunculan ponsel kedap air (waterproof), misalnya Sony Xperia Z3, Samsung Galaxy S5, Lenovo S750, dan Huawei Honor 3. Bagi pengguna smartphone kelas premium tersebut tidak perlu khawatir ponselnya akan rusak jika terkena air. Namun, bagaimana jika smartphone biasa yang terkena air? Sebab smartphone biasa tidak memiliki fitur yang berfungsi untuk melindungi. Rasa was-was akan semakin bertambah apabila sedang musim hujan. Berikut langkah-langkah cepat yang bisa dilakukan agar smartphone yang terkena air bisa terselamatkan dari ancaman kerusakan.

Segera Amankan Ponsel dari Air

smartphone terkena air

Saat smartphone milik Anda terkena atau tercebur ke dalam air, segera ambil dan amankan. Sebab apabila terlalu lama, air dapat masuk ke dalam komponen-komponen yang ada di dalam ponsel. Air merupakan penghantar listrik yang baik sehingga dapat merusak komponen yang ada di dalam smartphone dan dapat menyebabkan konsleting. Walaupun saat ini telah banyak pelindung smartphone yang dikatakan dapat melindungi dari air, namun hal tersebut tidak menjamin air tidak masuk ke dalam komponen ponsel.

Matikan Ponsel

smartphone terkena air

Segera matikan smartphone setelah terkena air. Namun biasanya ketika terkena air, kebanyakan ponsel akan langsung mati. Apabila kondisinya sudah dalam keadaan mati, jangan mencoba untuk menyalakan ponsel. Biarkan saja di dalam kondisi mati, sebab apabila dinyalakan dapat menimbulkan potensi terjadinya konsleting.

Copot Semua Bagian yang Dapat Dilepas

smartphone terkena air

Copot semua bagian pada smartphone yang dapat dilepaskan seperti casing, screen protector, baterai, SIM Card, dan memori eksternal. Hal ini bertujuan agar tidak ada air yang masih tersisa di komponen ponsel. SIM Card dan memori eksternal memang tidak terlalu berbahaya karena di dalamnya tidak ada komponen elektronik, melainkan hanya chip saja. Namun hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi risiko seperti kehilangan data.

Keringkan Ponsel

smartphone terkena air

Setelah melepas beberapa komponen, ponsel harus dikeringkan menggunakan kain yang bersifat lembut dan menyerap air seperti tissue atau kain pembersih kacamata. Usap dan bersihkan sisa-sisa air yang ada di tiap komponen ponsel yang telah dicopot tadi. Jangan pernah langsung menjemur komponen-komponen ponsel di bawah terik panas matahari secara langsung. Selain itu, pengering rambut atau hair dryer juga tidak boleh digunakan untuk mengeringkan ponsel. Hair dryer dapat mengeluarkan panas yang dapat merusak komponen-komponen yang ada pada ponsel. Sebab komponen-komponen tersebut memiliki sifat yang rentan terhadap panas. Selain itu, Anda bisa mengeringkan dengan cara merendam bagian-bagian ponsel dalam beras dengan kurun waktu 30 menit. Beras terbukti ampuh dalam menyerap air. Selain menggunakan beras, Anda bisa memakai silica gel yang juga memiliki daya serap baik.

Menyalakan Ponsel

Smartphone Terkena Air

Setelah direndam dengan media yang mampu menyerap air, pasang kembali komponen-komponen yang tadi telah dicopot seperti baterai, SIM Card, dan memori eksternal. Setelah semuanya terpasang, kini saatnya Anda menyalakan smartphone yang tersebut. Jika menyala, cek kembali seluruh fitur yang ada pada smartphone, apakah tetap berfungsi dengan normal atau tidak. Cek layar smartphone dengan melihat warna maupun tingkat kepekaannya. Periksa speaker dengan mencoba memutar lagu pada Mp3, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Kemudian periksa mic dan SIM Card dengan cara melakukan panggilan ke luar. Setelah itu, periksa komponen-komponen lain seperti media penyimpanan eksternal dan charging apakah dapat berfungsi dengan normal atau tidak. Apabila semua usaha Anda tetap tidak berhasil, segera bawa smartphone milik Anda ke teknisi maupun service center terdekat untuk diperbaiki.

Leave a Response