close

HTC One A9: Smartphone Pesaing iPhone

HTC One A9

HTC merilis sebuah smartphone terbaru bernama HTC One A9 pada Rabu (21/10/2015) lalu. Produsen asal Taiwan ini nampaknya ingin memberikan sebuah inovasi berupa ponsel premium yang sejajar dengan iPhone. Beberapa fitur unggul yang dimiliki oleh smartphone ini antara lain sistem operasinya sudah menggunakan OS Android terbaru, yaitu Android 6.0 Marshmallow. Kemudian ada dua varian untuk kapasitas penyimpanannya, 16 GB dan 32 GB.

HTC One A9

Pihak HTC merasa optimis bahwa HTC One A9 kan menjadi sebuah alternatif lain selain iPhone bagi para pengguna gadget. Selama ini, HTC telah diakui masyarakat secara luas sebagai pionir di kancah smartphone dunia. Beberapa gebrakan yang pernah dibuat oleh HTC meliputi produsen pertama yang mengeluarkan smartphone berbasis Android, smartphone berbasis Windows, dan smartphone dengan desain balutan metal.

Spesifikasi HTC One A9

Setelah mendengar selentingan tentang smartphone keluaran HTC tersebut, berikut ini penjabaran lengkap mengenai spesifikasi HTC One A9.

Desain berbalut metal

Pada sektor desain, smartphone ini mendapat julukan ‘metalmorphics’ dari HTC karena desain dibuat secara all-metal. Seluruh bodi HT One A9 dibalut dengan bahan metal, mulai dari tiap sisi hingga lekukan desain fisiknya. Jika dilihat-lihat, bodi pada ponsel ini mirip dengan iPhone 6s. Kemudian masalah layar, smartphone ini dibekali dengan layar seluas 5 inci yang beresolusi 1.080 x 1.920 piksel dengan teknologi Amoled. Kepadatan layarnya mencapai 440 ppi. Layarnya juga dilengkapi dengan material tahan gores, Corning Gorilla Glass 4.

Sektor pacu cukup gahar

Masalah sektor pacu, HTC One A9 memakai prosesor mid-range level berupa Snapdragon 617 dengan delapan core. Empat core tersebut mampu mencapai hingga kecepatan 1,2 GHz. Sedangkan empat lainnya bisa mencapai kecepatan hingga 1,5 GHz.

Kamera mumpuni

Pada sektor kamera, smartphone ini dipersenjatai dengan kamera utama sebesar 13 MP  yang diperkuat dengan beragam fitur dukungan seperti shutter speed, control ISO, dan white balance. Sedangkan kamera depannya, HTC One A9 dibekali dengan kamera sebesar 4 MP one fixed focus. Anda juga bisa langsung merekam dan menyimpan dalam Raw Mode. Kemudian mengeditnya dengan aplikasi photo editor yang telah disediakan.

Konektivitas tinggi

Masalah konektivitas, HTC One A9 memiliki teknologi radio frekuensi Cat 7 yang mendukung kecepatan downlink 300 Mbps dan Uplink 100 Mbps. Tak hanya itu saja, smartphone ini juga mendukung VoLTE serta radio frekuensi TDD maupun FDD LTE. Konektivitas lainnya ialah USB port standar yang mendukung fast charging. Untuk masalah perfoma daya baterai, ponsel ini memiliki kapasitas daya hingga 2.150 mAh.

Smartphone ini menjadi brand non-Google yang pertama menggunakan OS Android 6.0 Marshmallow. HTC One A9 akan dirilis secara global pada bulan November mendatang dengan empat varian warna meliputi Opal Silver, Deep Garnet, Topaz Gold, dan Carbon Grey. Masalah harga, HTB One A9 dengan RAM sebesar 3 GB dan kapasitas penyimpanan 32 GB dijual seharga US$ 399 atau sekitar Rp 5,5 juta. Sedangkan HTC One A9 dengan kapasitas penyimpanan 16 GB dengan RAM 2 GB belum diungkap berapa harganya.

Leave a Response