SHARE

Kini tidak hanya smartphone saja yang tidak bisa terlepas dari penggunanya, namun powerbank juga menjadi kebutuhan yang dirasa cukup penting bagi banyak orang yang menggunakan smartphone. Perangkat yang satu ini dianggap sebagai penyelamat saat baterai smartphone sudah kehabisan daya alias tidak mampu memberikan pasokan daya lagi pada saat digunakan sehari-hari.

Namun sayangnya, ada beberapa pengguna powerbank yang justru keliru saat menggunakan powerbank. Akhirnya powerbank tersebut pun memiliki daya tahan yang buruk. Sebenarnya ada banyak cara yang harus dilakukan supaya powerbank bisa bertahan lebih lama. Berikut ini merupakan beberapa trik untuk merawat powerbank agar lebih awet.

Menjauhkan dari barang elektronik lain

Selain harus menjauhkan powerbank dari kondisi lembab, basah, dan suhu yang panas, sebaiknya powerbank juga dijauhkan dari alat elektronik lain yang bisa menimbulkan medan magnetik. Gelombang magnetik yang dihasilkan oleh powerbank dan benda elektronik tersebut bisa saling bertabrakan, kemudian bisa menimbulkan kerusakan dalam jangka panjang.

Tidak menggunkan smartphone saat sedang dicolokkan di powerbank

Sebisa mungkin upayakan jangan menggunakan smartphone saat sedang terhubung dengan powerbank. Tunggu agar daya powerbank terisi penuh terlebih dahulu, baru bisa digunakan. Kecuali Anda benar-benar terdesak karena kondisi darurat. Baterai ponsel akan bisa terisi dengan lebih cepat jika tidak ada gangguan sama sekali.

Mengisi ulang pada saat butuh

Sebisa mungkin gunakan powerbank untuk mengisi ulang hanya pada saat kondisi daya minimum saja. Setelah selesai menggunakan, langsung cabut saja dari stop kontak. Biasanya selesai atau tidaknya pengisian akan terlihat pada lampu indikator yang akan menyala. Ada baiknya juga apabila Anda mengisi daya powerbank pada saat indikator baterai hanya tinggal satu bar saja.

Jangan sampai terjatuh

Tidak jauh berbeda dengan kebanyakan alat eletronik lainnya, powerbank juga rentan rusak apabila terbentur dan terjatuh. Apabila terkena benturan keras, maka kinerja dari komponen baterai yang ada di dalam bisa berkurang. Bahkan ada kemungkinan akan rusak alias tidak bisa dipakai lagi.

Menghindari suhu ekstrim

Sebaiknya jangan meletakkan powerbank di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung atau sumber panas lain. Sebenarnya tak hanya benda panas saja, udara yang lembab dan intensitas air yang tinggi juga harus dihindari. Ada baiknya untuk membungkus powerbank agar suhu yang melingkupinya tetap normal.

Itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan agar powerbank milik Anda bisa bertahan lama. Mulai sekarang coba mulai merawat powerbank agar bisa lebih awet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here