close

12 Tips dan Trik Menghemat Baterai iPhone

[Tips dan trik menghemat baterai iPhone] – Rasa frustasi yang cukup tinggi dalam menghadapi baterai iPhone yang terkadang cepat habis mungkin pernah dialami oleh pengguna iPhone. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menanggulangi hal tersebut sehingga iPhone yang ada tidak terasa percuma?

menghemat baterai iPhone

Apple merupakan sebuah perusahaan yang cukup baik dalam masalah performa kinerja perangkatnya, baik itu iPhone, MacBook, iPad atau iPod. iPhone mungkin memiliki baterai dengan kapasitas yang tidak seberapa tinggi, iPhone pertama memiliki kapasitas baterai sebesar 1400 mAh dan sekarang setelah tujuh tahun berlalu, iPhone 6 memiliki kapasitas baterai sebesar 1810 mAh, meski begitu iPhone 6 plus memliki baterai yang cukup tinggi, yaitu sebesar 2910 mAh.

Jika dibandingkan dengan Android yang berkisar di harga yang sama, Android memiliki kapasitas baterai yang lebih besar, yaitu berada diantara rentang 3000 mAh atau lebih. Android pun juga hadir dengan layar yang lebih besar, bahkan banyak yang lebih besar dibandingkan dengan iPhone 6 plus. Namun dengan begitu, kita tidak bisa berpikiran bahwa iPhone yang hadir memiliki daya tahan baterai yang lebih lama.

Tentunya kita tidak bisa mengandalkan berbagai aplikasi-aplikasi penghemat baterai yang ada, dan sambil menunggu teknologi iPhone yang hemat baterai, kita harus cerdas untuk bisa mengatur konsumsi daya yang digunakan oleh iPhone kita.

Kami memiliki beberapa tips dan trik menghemat baterai iPhone. Kami mengharapkan dengna tips dan trik dari kami, iPhone anda bisa berfungsi jauh lebih optimal dan bekerja secara maksimal.

Ini dia, 12 Tips dan Trik Menghemat Baterai iPhone:

1. Perhatikan Kekuatan Sinyal iPhone

Salah satu penyebab baterai yang cepat habis pada iPhone adalah sinyal yang lemah, dengan sinyal yang lemah, iPhone akan selalu bekerja untuk terus mencari sinyal terbaik. Hal inilah, yang mampu menyebabkan baterai iPhone terkuras dengan deras. Sayangnya, kami masih belum menemukan tips dan trik yang cukup ampuh untuk masalah yang satu ini. Bukan berarti tidak ada tips dan trik untuk menghemat baterai iPhone anda, ada beberapa yang bisa anda lakukan, seperti:

  • Jika anda berada pada lokasi yang susah sinyal, anda bisa beralih menuju mode pesawat (airplane mode). Dengan mode ini, bisa dipastikan jika iPhone anda akan benar-benar hemat baterai. Karena dengan menggunakan mode ini, iPhone anda akan berhenti mencari sinyal, aktivitas mencari sinyal inilah yang bisa jadi salah satu penyebab terbesar habisnya baterai iPhone
  • Selain itu, anda bisa menggunakan Wi-Fi sebagai pengganti data seluler anda. Lakukan hal ini setiap kali perangkat anda mendeteksi sinyal Wi-Fi yang ada. Mengapa hal ini dilakukan? Sinyal Wi-Fi cenderung stabil dibandingkan dengan sinyal seluler anda. Oleh karena itu, anda bisa mempertimbangkan tips dan trik ini untuk menghemat baterai iPhone anda.

Untuk saat ini, kedua tips dan trik diatas bisa jadi salah satu jalan terbaik yang mampu dilakukan agar iPhone anda tidak kehabisan baterai.

2. Mematikan Notifikasi dari Aplikasi yang Tidak Digunakan

Tips dan trik menghemat baterai iPhone berikutnya adalah dengan mematikan notifikasi dari aplikasi yang tidak digunakan. Mengapa? Percayalah bahwa semua aplikasi yang anda pasang di iPhone tidak anda butuhkan semua fiturnya, bahkan beberapa aplikasi hanya akan mengirimkan spam, dengan notifikasi yang tidak diperlukan.

menghemat baterai iPhone
menghemat baterai iPhone

Sejujurnya, berapa notifikasi yang ingin anda lihat setiap harinya? Tentunya tidak banyak bukan. Semakin banyak aplikasi yang menampilkan notifikasi ketika ada berita, maka akan semakin cepat baterai anda habis. Jadi, pilihannya adalah mematikan beberapa aplikasi yang tidak penting dan cenderung menghabiskan baterai.

Jika ingin melakukan pengaturan ini, anda bisa masuk ke menu settings > notification centre dan setelah berada didalam menu tersebut, anda bisa mematikan notifikasi aplikasi yang tidak digunakan.

3. Menghemat Konsumsi Daya Pada Layar

Sudah bukan rahasia lagi jika layar merupakan salah satu hal yang mengkonsumsi daya paling banyak. Kami memiliki beberapa tips dan trik menghemat baterai iPhone dengan menghemat konsumsi daya pada layar. Beberapa tips dan trik yang bisa anda lakukan, seperti:

  • Anda bisa langsung menekan tombol power untuk mematikan layar, sesaat setelah menggunakannya. Dengan begitu, konsumsi daya pada layar bisa sedikit berkurang
  • Mengatur lama nyala layar berada pada waktu terendah. Dengan mengatur lama nyala layar pada waktu yang singkat, anda memiliki peluang untuk menghemat baterai anda. Karena jika lama nyala layar terlalu lama, akan cukup merugikan bagi konsumsi baterai anda. Pilihan rentang waktu antara 15-30 detik menjadi opsi yang cukup bagus. Anda bisa mengaturnya melalui menu Settings > General > Auto-lock.
  • Matikan fitur ‘Auto-Brightness’. Menurut kami, fitur ini tidak cukup diperlukan jika anda benar-benar ingin menghemat baterai anda. anda bisa mematikan fitur ini dengan cara menuju ke menu Settings > Wallpaper & brightness.
  • Mengatur kecerahan layar pada tingkat yang paling rendah. Dengan mengatur kecerahan ke tingkat yang paling rendah, anda bisa menghemat tenaga baterai anda. Dengan menurunkan tingkat kecerahan layar, tentunya juga mempengaruhi pengelihatan anda ketika berada dibawah sinar matahari langsung.

Anda bisa mempertimbangkan ke empat tips dan trik diatas untuk bisa menghemat konsumsi daya yang digunakan oleh layar iPhone anda sehingga mampu menghemat baterai iPhone dan membuat iPhone bisa digunakan lebih lama lagi.

4. Mematikan Animasi

Dengan sistem operasi terbarunya, iOS 8. Apple memiliki sebuah fitur untuk bisa menggunakan efek 3D pada background dan parallax. Efek ini tergolong menarik, tapi memiliki sisi yang cukup buruk, yaitu memakan daya yang cukup banyak. Anda cukup menggunakan background gambar yang static atau salah satu foto favorit, anda bisa mengaturnya melalui menu Settings > Wallpapers & Brightness, lalu anda bisa memilih ‘Wallpaper’ dan mematikan motion pada opsi ‘Reduce Motion’ pada menu Settings > General > Accessibility.

5. Menurunkan Aktivitas Pada Latar (Background)

Semua pengguna iPhone mungkin membayangkan hal yang sama, yaitu mampu mematikan aplikasi yang telah digunakan melalui menu multitasking dan berpikiran bahwa hal tersebut cukup untuk menghemat tenaga. Namun sebenarnya hal tersebut salah, anda bisa memastikan aplikasi tersebut tertutup atau tidak dengan cara melihat menu Settings > General > Background App refresh untuk memastikan bahwa anda telah menutup aplikasi tersebut.

menghemat baterai iPhone
Menurunkan aktivitas pada latar

Memberikan opsi kepada aplikasi yang anda untuk bisa selalu melakukan refresh dengan sendirinya merupakan salah satu hal yang bisa membuat baterai anda terkuras habis. Anda bisa melihat daftar aplikasi tersebut satu per satu pada jendela menu yang tadi, dan anda bisa mematikan semua aplikasi yang tidak digunakan. Aplikasi seperti Facebook dan Twitter yang selalu melakukan refresh terhadap dirinya, bisa jadi salah satu aplikasi yang memakan konsumsi daya baterai yang cukup besar. Meski mematikan fitur ini, bukan berarti bahwa aplikasi ini tidak bisa di refresh. Anda tetap bisa menikmati fasilitasnya dengan cara membukanya secara manual.

6. Mengatur Notifikasi Email Secara Manual

Salah satu tips dan trik menghemat baterai iPhone adalah mengatur notifikasi email yang masuk secara manual. Yap, terdapat beberapa argumen mengenai keuntungan push email (mendapatkan email sesaat ketika dikirimkan) atau fetch email (iPhone mendapatkan email masuk berdasarkan selang waktu yang telah ditentukan). Hal ini juga bergantung terhadap berapa banyak email yang anda dapatkan setiap hari dan seberapa sering anda melakukan sinkronisasi terhadap email anda.

Dengan fitur push, anda bisa mendapatkan email yang telah dikirim secara langsung, namun dengan fitur ini anda akan memakan banyak konsumsi tenaga. Anda lebih baik mengaturnya dengan menggunakan fitur fetch, dengan fitur fetch anda bisa menerima email tiap 5 menit sekali, dengan begini kinerja baterai anda bisa lebih efisien.

Dengan asumsi bahwa anda akan melihat email yang masuk hanya beberapa kali selama 1 jam, anda lebih baik mengatur notifikasi email secara manual. Dengan begitu, baterai yang anda gunakan bisa lebih hemat dan iPhone anda bisa digunakan dengan lebih lama.

7. Mematikan Fitur Location Tracking

Jika pekerjaan anda membutuhkan aplikasi untuk mengakses Maps secara rutin, anda bisa terus menggunakan fitur Location Tracking. Namun jika tidak, hal ini sangat diperdebatkan mengapa anda menggunakan fasilitas ini. Mengapa diperdebatkan? Karena fitur Location Tracking ini mengkonsumsi banyak tenaga sehingga menyebabkan baterai iPhone anda cepat habis.

Anda bisa menuju ke menu Settings > Privacy > Location Services dan mematikan semua fitur tersebut atau anda bisa menyeleksi beberapa aplikasi yang tidak membutuhkan fitur tracking. Anda juga bisa menuju ke menu Settings > Privacy > Location Services > System Services dan mematikan seluruh fitur yang berhubungan dengan ‘Frequent Locations’ , ‘Location-Based iAds’ dan ‘Diagnostics & Usage’.

8. Jauhkan Dari Panas

Panas yang dihasilkan dari setiap aktivitas yang anda lakukan bersama dengan iPhone bisa menyebabkan hal yang buruk untuk baterai anda. Anda lebih baik menghindarkan iPhone anda dari sengatan sinar matahari secara langsung. iPhone bisa menjadi sangat panas, ketika anda menggunakannya untuk bermain game dan di saat yang bersamaan anda melakukan pengisian baterai. Yang pasti, anda harus menghindari hal tersebut dikarenakan sangat berbahaya untuk kebaikan baterai.

9. Bersikap Selektif Terhadap Pembaharuan Aplikasi

Pembaharuan (update) aplikasi mungkin bisa menjadi salah satu hal yang membawa kebaikan bagi aplikasi tersebut, namun terlebih dahulu anda bisa melakukan pengecekan apakah pembaharuan (update) tersebut layak dilakukan. Jika anda menggunakan iOS dengan versi terbaru, anda bisa mengakses menu Settings > General > Software Update untuk menentukan apakah aplikasi tersebut bisa di-update secara otomatis atau manual. Kami menyarankan agar anda melakukan pembaharuan secara manual.

Anda juga bisa masuk ke menu Settings > iTunes & App Store dan mempertimbangkan untuk mematikan pembaharuan secara otomatis. Dengan begitu anda bisa memilih waktu yang tepat untuk melakukan pembaharuan perangkat dan bisa menentukan konektivitas apa yang akan digunakan sebagai pembaharuan perangkat, apakah anda menggunakan data seluler atau Wi-Fi.

10. Mematikan Fitur Siri

Jika anda tidak banyak menggunakan fitur Siri, anda lebih baik mematikan fitur ini. Fitur ini ketika aktif juga memakan konsumsi energi yang cukup banyak. Anda bisa masuk ke menu Settings > General > Siri untuk mematikan fitur ini.

11. Matikan Fitur Getar

Anda memiliki opsi untuk mematikan fitur getar yang tersedia, anda bisa dengan mudah masuk ke menu Settings > Sounds you can toggle ‘Vibrate On Ring’ menjadi ‘Off’. Selain itu, anda jug abisa masuk ke menu Settings > Sounds > New Mail > Vibration dan mengaturnya menjadi ‘None’. Dengan fitur ini anda bisa menonaktifkan motor yang digunakan untuk menggetarkan iPhone anda.

12. Matikan Sambungan Ke iCloud

Apakah anda membutuhkan sinkronisasi seluruh data dengan iCloud? Sebaiknya anda memikirkannya terlebih dahulu. Anda bisa masuk ke pengaturan Settings > iCloud dan melihat berbagai daftar data yang bisa dilakukan sinkronisasi. Sinkronisasi dengan penyimpanan cloud, mampu mengkonsumsi daya baterai dan paket data yang banyak, jadi sangat dianjurkan untuk mematikan fitur ini ketika anda merasa terganggu dengan fasilitas tersebut.

menghemat baterai iPhone
Mematikan sambungan ke iCloud

1 Comment

Leave a Response