close

Panasonic HC-MDH2: Camcorder Profesional Dengan Fitur Kaya

Panasonic merupakan salah satu perusahaan manufaktur elektronik terbesar yang ada di dunia. Tak jarang mereka juga menguasai pasar-pasar produk elektronik seperti Handycam, DSLR, PABX, produk elektronik rumahan, hingga lampu dan juga baterai. Pada kali ini, kami akan membahas salah satu produk Panasonic dari kategori HD Handycam yang cukup terkenal dan laris di pasaran, yaitu Panasonic HC-MDH2. Sebelum seri ini, Panasonic telah mengeluarkan versi sebelumnya yaitu Panasonic HC-MDH1 yang merupakan seri sebelumnya dari Panasonic HC-MDH2.
panasonic hc-mdh 2

Panasonic HC-MDH2 merupakan sebuah camcorder yang berbeda dengan camcorder pada umum. MDH2 ini banyak digunakan untuk kegiatan-kegiatan khusus seperti merekam video acara pernikahan, melakukan pengambilan gambar khusus atau digunakan oleh para reporter televisi untuk melakukan pengambilan video secara langsung.

Overview

Panasonic HC-MDH2 memiliki kemampuan untuk merekam video HD dengan kualitas yang cukup bagus dan dilengkapi dengan teknologi tinggi. HC-MDH2 memiliki kemampuan merekam video secara berkelanjutan dengan menggunakan penyimpanan 2 memori. Ketika menggunakan 2 memori, kamera ini mampu melakukan transfer file antar memori ketika memori pertama penuh ketika merekam. Dengan menggunakan 2 memori, hal tersebut membuat anda bisa merekam video dengan rentang waktu yang lebih lama. Panasonic mendesain setiap slot memori pada MDH2 memiliki kemampuan hingga mencapai 2 TB, sayangnya untuk saat ini kapasitas memori terbesar yang ada dipasar adalah berkisar pada angka 256 GB. Selain tempat penyimpanan eksternal yang cukup besar, perangkat Panasonic HC-MDH2 juga memiliki tempat penyimpanan internal hingga mencapat 32 GB.

panasonic hc-mdh 2
Fitur 2 memori membuat pengguna mampu merekam lebih lama

Dengan performa yang menjanjikan, Panasonic HC-MDH2 memiliki desain yang cukup ergonomis dan sangat melambangkan profesionalisme. Mengapa bisa dikatakan memiliki desain yang ergonomis dan profesional? Hal tersebut tak lain karena Panasonic HC-MDH2 dilengkapi dengan teknologi 4 point support. Dengan teknologi tersebut, membuat pegangan kamera tetap stabil dan nyaman ketika digunakan untuk merekam gambar. Panasonic juga mengatur agar jarak antara mata dan juga LCD touch panel memiliki jarak yang berkecukupan. Antara touch panel dan mata memiliki jarak sebesar 200mm, hal tersebut telah dilakukan pengujian oleh pihak Panasonic sebagai jarak yang cukup untuk bisa mendapatkan pandangan terbaik. Posisi dari LCD monitor juga dibuat agar memiliki tingkat yang sama dengan mata, dengan posisi LCD yang sama dengan mata, maka membuat anda akan lebih nyaman dalam merekam video tersebut.

panasonic hc-mdh 2
Desain 4-point membuat pengguna nyaman dalam mengoperasikan camcorder ini

Manish Sharma yang merupakan direktur pemasaran dari Panasonic untuk wilayah India mengatakan jika dengan menggunakan teknologi yang secara langsung terus berubah, menyebaban Panasonic merupakan perusahaan manufacturing yang mampu menciptakan produk-produk baru yang memiliki kemampuan untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin luas dan kompleks. Dengan diluncurkannya Panasonic HX-MDH2, diharapkan mampu membawa masyarakat ke dalam teknologi camcorder lebih lanjut. Tentu saja Panasonic HX-MDH2 ini memiliki kemampuan videografi yang cukup kaya.

Fitur-Fitur Pada Panasonic HC-MDH2

1. 5 Axis Hybrid OIS dengan fungsi Level Shot

Dengan menggunakan teknologi 5 Axis Hybrid OIS, camcorder Panasonic HC-MDH2 mampu menghasilkan gambar yang cukup menjanjikan. Fitur ini memperbolehkan pengguna untuk bisa mendapatkan fokus yang tepat dari keadaan wide-angle. Selain itu, teknologi ini akan mendukung pengguna untuk bisa mendapatkan gambar yang cukup bagus, tajam, serta gambar atau video yang dihasilkan akan tetap jelas meski digunakan pada berbagai situasi.

panasonic hc-mdh 2
Fitur 5 Axis Hybrid OIS

Lalu apa tujuan dari fitur Level Shot? Sebenarnya fitur tersebut merupakan pelengkap dari fitur 5 Axis Hybrid OIS. Kedua fitur ini saling mendukung untuk menghasilkan gambar yang bagus dan enak untuk dilihat. Kemampuan dari fitur Level Shot ini adalah dengan otomatis kamera akan mendeteksi dan melakukan koreksi ketika gambar yang dihasilkan mengalami kemiringan. Keuntungan dengan adanya teknologi ini adalah pengguna bisa mendapatkan video rekaman yang horisontal bahkan tanpa menggunakan tripod atau mungkin ketika merekam gambar dalam keadaan yang tidak stabil.

2. Wide-Angle sebesar 28mm dan Intelligent Zoom hingga 50x

Kemampuan dari Panasonic HC-MDH2 dalam hal perbesaran gambar tidak perlu diragukan lagi. Kamera ini menggunakan aperture Wide-Angle sebesar 28mm dan perbesaran intelligent hingga 50x. Hal tersebut meningkat daripada milik Panasonic HC-MDH1 yang sebelumnya memiliki perbesaran intelligent yang hanya berkisar di bawah 50x. Dengan perbesaran yang cukup tinggi, kamera ini akan mampu menjangkau objek-objek yang jauh dengan cukup mudah. Selain itu, camcorder ini mampu menghasilkan gambar yang bagus meski dari perbesaran yang tinggi. Noise yang dihasilkan masih bisa ditoleransi.

3. Pengaturan manual dengan menggunakan Manual Ring

Terdapat tombol Manual Function yang mampu membuat pengguna bisa menggunakan mode fungsi manual. Dengan mode manual, pengguna bisa mengatur Focus, Zoom, Aperture, White Balance dan Shutter Speed secara manual dengan menggunakan Manual Ring. Selain itu, Manual Ring memiliki desain yang cukup unik dan cukup mudah untuk bisa digunakan oleh penggunanya.

panasonic hc-mdh 2
Manual ring dan panel pada Panasonic HC MDH 2

Performa pengambilan gambar

Jika melihat desain dari Panasonic HC-MDH2 sebagai profesional camcorder, kita pasti akan menduga jika camcorder ini memiliki kemampuan yang cukup bagus dan maksimal. Yap, kemampuan dari Panasonic MDH2 ini cukup mengagumkan dan bisa membuat anda tercengan. Beberapa teknologi baru yang digunakan oleh camcorder ini adalah Crystal Engine Pro, Sensor dengan sensitivitas tinggi, serta merekam pada resolusi yang cukup tinggi. Mari kita bahas satu per satu beberapa performa yang dihasilkan oleh Panasonic HC-MDH2.

1. Crystal Engine Pro

Teknologi ini memperbolehkan pengguna untuk bisa merekam gambar biasa untuk bisa diproses menjadi gambar dengan kualitas Full-HD, setelahnya video atau gambar tersebut akan diproses lebih lanjut untuk bisa menghasilkan video dengan kualitas Full-HD yang lebih bagus dan menarik. Dengan menggunakan teknologi ini, camcorder akan bisa memproduksi gambar yang cukup halus, meski merekam dalam keadaan perbesaran penuh. Resolusi dari camcorder akan tetap terjaga dengan kualitas yang tinggi. Selain beberapa hal diatas, Crystal Engine Pro seperti mampu menghasilkan video dengan kualitas yang baik meski subyek dari video tersebut sangat kecil.

2. Sensor baru yang memiliki kemampuan sensitivitas tinggi

Panasonic menggabungkan teknologi Crystal Engine Pro dengan sensor baru yang di klaim memiliki teknologi sensitivitas yang tinggi. Kombinasi dari kedua teknologi diatas membuat Panasonic HC-MDH2 mampu menghasilkan video dengan noise yang sangat kecil, hasil video yang cukup cerah, video dengan kualitas yang sangat tinggi dan juga gambar yang memiliki noise yang cukup rendah baik dalam keadaan cerah maupun gelap.

Gambar yang bagus bisa anda dapatkan pada berbagai situasi, termasuk merekam pada keadaan indoor maupun keadaan yang minim cahaya.

3. Merekam dengan resolusi 20.4 MP

Apakah hasil video yang diproduksi oleh Panasonic HC-MDH2 memiliki kualitas yang bagus? Mengapa? Kedua pertanyaan tersebut tampaknya tak bisa lepas dari camcorder ini. Dengan kemampuan merekam pada resolusi maksimal, yaitu 20.4 MP akan membuat video yang dihasilkan memiliki resolusi yang cukup tinggi. Aspek rasio dari video yang direkam dengan menggunaan MDH2 ini memiliki rasio sebesar 16:9. Merekam dengan resolusi yang cukup tinggi akan menghasilkan video dengan kualitas yang tinggi pula. Meski begitu satu hal yang perlu diperhatikan adalah besar video yang direkam. Semakin lama video yang direkam, maka akan semakin besar pula ukuran dari video tersebut. Jika waktu rekam masih lama, anda lebih baik menurunkan penggunaan fitur ini.

4. Fitur iA (intelligent Auto) dan Plus Mode

Inilah salah satu ftur favorit yang bisa anda temukan pada Panasonic HC-MDH2. Dengan adanya fitur ini pengguna bisa mendapatkan pengaturan secara otomatis sesuai dengan keadaan yang sedang terjadi. Hasil yang ditawarkan pun juga cukup optimal dan memiliki kualitas yang bagus. Camcorder memiliki sensor yang mampu menentukan pengaturan perekaman dari camcorder.

Selain fitur intelligent Auto (iA), pengguna juga bisa menggunakan fitur Plus Mode yang membuat anda bisa secara otomatis mengatur White Balance dan komposisi exposure dari video. Caranya cukup mudah, pengguna hanya tinggal menekan tombol yang terdapat pada LCD.

1 Comment

Leave a Response