Aplikasi Bajakan Di MacOS Bisa Dijadikan Alat Kejahatan Siber, Waspada!Credit: freepik.com

anugrahpratama.com – Siapa yang menyangka, aplikasi bajakan bisa menyimpan bahaya yang begitu besar, termasuk aplikasi bajakan di MacOS. Baru-baru ini, peneliti keamanan dari Kaspersky mengungkapkan temuan mengejutkan. Sebuah situs web yang tidak resmi telah menjadi sarang bagi distribusi malware Trojan-Proxy yang menginfeksi pengguna MacOS secara diam-diam.

Baca juga: Cara Screenshot di Perangkat Mac, Windows dan Chromebook

Aplikasi Bajakan Di MacOS: Kejutan dari Trojan-Proxy

Aplikasi Bajakan Di MacOS: Kejutan dari Trojan-Proxy
Credit: freepik.com

Trojan-Proxy ini tak main-main. Penyerang bisa menggunakan malware ini untuk membentuk jaringan server proxy atau bahkan melakukan kejahatan dengan menggunakan identitas korban.

Bayangkan saja, serangan ke situs web, perusahaan, atau individu bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan lebih buruk lagi, penyalahgunaan seperti pembelian barang terlarang juga bisa terjadi.

Aplikasi Bajakan Di MacOS: Ancaman Lintas Platform

Aplikasi Bajakan Di MacOS: Ancaman Lintas Platform
Credit: freepik.com

Ini bukan hanya masalah MacOS. Malware ini ternyata punya varian untuk Windows dan Android. Terkait erat dengan alat bajakan, malware ini mampu menyusup dengan menyamar sebagai aplikasi multimedia, pengeditan gambar, pemulihan data, dan alat produktivitas. Menyasar langsung pada pengguna yang sedang mencari aplikasi bajakan.

Aplikasi Bajakan Di MacOS: Modus Operandi Trojan-Proxy

Aplikasi Bajakan Di MacOS: Modus Operandi Trojan-Proxy
Credit: freepik.com

Bagian menariknya, aplikasi yang terinfeksi trojan-proxy ini hadir dalam bentuk penginstal .PKG yang menyertakan skrip pasca-penginstalan. Versi bajakan ini bahkan bisa meminta izin administrator, membuka jalan bagi skrip pasca-penginstalan untuk dijalankan. Selain itu, trojan-proxy menyamar sebagai proses WindowServer di MacOS untuk menghindari deteksi.

Awas, Ancaman Terus Berlanjut

Awas, Ancaman Terus Berlanjut
Credit: freepik.com

Trojan-proxy tak berhenti di situ. Begitu terpasang, ia akan menghubungi server command-and-control (C2) dan berperan sebagai proksi melalui TCP atau UDP. Bahkan, ia bisa mengarahkan lalu lintas melalui host yang terinfeksi. Sungguh meresahkan, bukan?

Baca juga: Ancaman Cyber Terkini Yang Perlu Diwaspadai Pebisnis

Langkah Mengurangi Ancaman

Langkah Mengurangi Ancaman
Credit: freepik.com

Bagaimana cara melindungi diri dari ancaman semacam ini? Pertama, hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Kesadaran akan risiko dari aplikasi bajakan juga menjadi kunci. Ingatlah, keamanan kita ada di tangan kita sendiri.

Dengan menyebarkan informasi ini, semoga kita semua lebih waspada akan bahaya yang mengintai di balik aplikasi bajakan. Jangan sampai keinginan untuk mendapatkan sesuatu secara gratis membuat kita jadi rentan terhadap serangan-serangan yang bisa merusak perangkat dan data pribadi kita. Semoga kita semua tetap waspada dan aman dari ancaman semacam ini!

Video rekomendasi:

Anugrahpratama.com
Klampis Jaya 29E, Surabaya 60117
Jawa Timur – Indonesia

Telepon: 031-33601117
Whatsapp: 08113127777

Leave a Reply