close

Beli Perusahaan GPS, Apple Ingin Saingi Google Maps

Apple

Kali ini kabar datang dari raksasa tekhnologi Apple. Dalam rangka terus meningkatkan layanan digitalnya, Apple dikabarkan mengakuisisi Coherent Navigation, adalah sebuah perusahaan GPS.

Sebelum memasuki akuisisi Apple dan Coherent Navigation, Simak dulu bagaimana cara kerja GPS

Apple

Berikut adalah beberapa hal yang anda harus ketahui mengenai GPS dan Coherent Navigation.

Cara Kerja Global Positioning System (GPS)

Apple

Sistem kerja dari GPS adalah dengan menyalurkan sinyal dari satelit ke perangkat GPS (portable GPS murni, ataupun ponsel pintar yang sudah memiliki fitur GPS). GPS ini memerlukan transmisi dari 3 satelit. Jika pengguna ingin mendapatkan informasi dua dimensi, (bujur dan lintang) dan 4 satelit untuk tiga dimensi (ketinggian, lintang dan bujur).

GPS menggunakan satelit, maka bagi pengguna dihimbau untuk menggunakannya di tempat terbuka. Cari juga tempat yang tidak menghalangi arah dari satelit. Jika menggunakan GPS di dalam ruangan, biasanya akan menghalangi arah satelit di angkasa.

Sebagai informasi, pada permukaan bumi minimal dapat dijangkau oleh 3-4 satelit. Setiap GPS dapat menerima hingga 12 channel. Selain itu, kondisi langit yang cerah juga dapat memudahkan untuk menangkap sinyal yang telah dikirim oleh satelit

Siapa Coherent Navigation?

Apple

Ternyata, Coherent Navigation adalah perusahaan GPS yang menurut Apple sangat potensial untuk menjadikan ladang bisnis khususnya untuk fitur pemetaan. Bagaimana tidak, perusahaan ini sangat fokus terhadap High Integrity GPS (iGPS) yang sangat akurat. Coherent Navigations dipandang akurat karena perusahaan ini fokus pada High Integrity GPS (iGPS) menggunakan sistem yang menggabungkan posisi GPS pada umumnya dengan informasi dari satelit komunikasi orbit rendah bumi dan penyedia data Iridium. Iridium sendiri memuji iGPS yang dapat memberikan informasi akurat dalam cakupan sentimeter.

Ambisi Apple Saingi Google Maps

Saat ini boleh dikata Google Maps adalah jawaban ketika kita ‘buta’ arah. Menyadari hal ini, Apple ingin menjadi kompetitor kelas berat Google Maps. Tak tanggung-tanggung, untuk membenahi layanan pemetaan Apple sebelumnya perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook ini telah mengakuisisi perusahaan Embark,Broadmap, WifiSLAM, Hopstop, Locationary dan pengembang di balik Pin Drop. Apple Maps diketahui muncul pertama kali pada iOS 6 tahun 2012 silam. Dipandang gagal, akhirnya protes pun berhamburan karena banyak momen pemetaan dunia yang tidak tampak.

Patut ditunggu seperti apa hasil dari akuisisi Apple untuk menyaingi Google Maps.

Leave a Response