close
GadgetInfo Komputer

Cara menghilangkan virus pada smartphone tanpa menggunakan antivirus

Cara menghilangkan virus pada smartphone tanpa menggunakan antivirus

Cara menghilangkan virus pada smartphone tanpa menggunakan antivirus. Menggunakan antivirus bisa jadi solusi namun bagaimana jika ternyata virusnnya disematkan pada aplikasi Antivirus tersebut? Sebenarnya perlu atau tidaknya antivirus kalian yang tahu.

Akan tetapi jika kalian ingin tahu ada atau gaknya antivirus di smartphone kalian. Kalian bisa menggunakan cara ini menghilangkan virus tanpa antivirus. Sebelum kalian melakukan ini, pastikan kalian sudah mem-backup data kalian dulu ya.

Krena kalau kalin mencoba proses ini yaitu dimana kalian bisa mulai dengan cara masuk ke factory reset biasanya bagian ini tergolong hal yang ampuh untuk menghilangkan virus di smartphone kamu. Biasanya secara otomatis data kamu akan hilang juga.

Virus sebenarnya merupakan sebuah program yang diciptakan untuk mengacau atau berfungsi sebagai suatu sistem yang dapat membuat sebuah perangkat tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Si pembuat ini pasti memiliki tujuan dan tentunya dengan motivasi yang berbeda-beda. Namun apapun tujuannya tentu keberadaaan virus sangat merugikan dan virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer PC atau laptop akan tetapi virus kini dapat menyerang smartphone kamu.

Langsung saja kita simak ulasan berikut mengenai cara menghilangkan virus pada smartphone tanpa menggunakan antivirus

Masuk ke Safe Mode

Cara masuk ke safe mode tiap perangkat itu berbeda-beda, akan tetapi kebanyakan adalah dengan menggunakan kombinasi tombol power dan volume saat proses booting.

Cek Aplikasi yang ada di Safe Mode

Masuk ke safe mode, cek aplikasi yang terinstal dengan cara masuk ke Settings > Apps dan lalu pilih downloaded.

Jika android kamu terinfeksi virus maka akan muncul aplikasi asing yang tidak pernah kamu install di smartphone kamu kemudian segera lah menghapus aplikasi tersebut.

Hapus aplikas asing yang mencurigakan

Jika kamu menemukan aplikasi yang mencurigakan tersebut, kamu coba klik aplikasi tersebut lalu pilih Uninstall.

Apabila aplikasi tersebut tidak dapat di Uninstall berarti aplikasi itu telah diberikan akes administrator.

Hapus Akes Administrator Aplikasi Asing

Caranya kalian keluar dulu dari application settings lalu kemudian masuk ke Settings > Security > Device Administrator.

Dengan cara ini kalian dapat menghilangkan akses administrator aplikasi mencurigakan tersebut.

Keluar Safe Mode

Setelah kalian melakukan proses penghapusan aplikasi mencurigakan tadi, selanjutnya kalian hanya perlu keluar dari safe mode dan lakukan proses restart seperti biasa.

Mudah bukan cara hapus virus di android? Sekian ulasan dari Anugrah Pratama mengenai cara menghilangkan virus pada smartphone tanpa menggunakan antivirus. Semoga melalui artikel ini dapat membantu kalian untuk mengatasi dan memperbaiki smartphone kalian yang terkena virus ya.

Tags : antivirussmartphonevirus