wifi portableSource : https://unsplash.com/

Di era digital yang terus berkembang, konektivitas internet menjadi sangat penting bagi kebanyakan orang. Namun, terkadang kita menemukan diri kita di tempat-tempat yang tidak memiliki akses internet yang stabil atau memadai. Itulah mengapa WiFi portable menjadi solusi yang populer bagi mereka yang ingin tetap terhubung dimanapun mereka berada. 

Apa itu WiFi Portable?

D-LINK DWM-222 4G LTE USB ADAPTER

WiFi portable adalah perangkat kecil yang memungkinkan pengguna untuk membuat jaringan nirkabel pribadi mereka sendiri dimanapun mereka berada. Ini mirip dengan hotspot WiFi yang biasa kita temui di kafe atau tempat umum lainnya, tetapi dalam bentuk yang lebih portable. WiFi portable biasanya terhubung ke jaringan seluler melalui kartu SIM atau melalui koneksi internet nirkabel, seperti koneksi kabel atau melalui perangkat USB.

Bagaimana Cara Kerjanya?

WiFi portable bekerja dengan mengambil sinyal data dari jaringan seluler atau sumber internet lainnya dan mengubahnya menjadi jaringan WiFi yang dapat diakses oleh perangkat lain, seperti smartphone, tablet, atau laptop. Pengguna hanya perlu mengaktifkan WiFi portable, memilih jaringan WiFi yang dihasilkannya, dan memasukkan kata sandi jika diperlukan. Setelah terhubung, perangkat pengguna dapat mengakses internet dengan cepat dan mudah.

Keunggulan WiFi Portable

ilustrasi modem
Sumber: pixabay.com

WiFi portable memiliki beberapa keunggulan dibandingkan WiFi umum maupun tethering dari smartphone Anda, diantaranya:

1. Lebih Aman

Tahukah Anda, menggunakan WiFi di tempat umum dapat membahayakan diri Anda. Meskipun akibatnya tidak Anda rasakan secara langsung, bukan berarti tidak beresiko sama sekali.

Jaringan WiFi umum merupakan koneksi internet yang tidak terenkripsi. Artinya, Anda dan semua pengguna WiFi tersebut saling membagikan data yang tidak terlindungi. Hal ini dapat mempermudah peretas untuk mencuri data-data Anda. Dengan MiFi, koneksi internet Anda lebih personal, sehingga data pribadi dan privasi Anda dapat lebih terjaga.

2. Koneksi Lebih Stabil

Koneksi internet dengan WiFi portable relatif lebih cepat daripada dengan menggunakan hotspot dari handphone Anda. Secara teori, WiFi portable memang memiliki antena lebih banyak karena difungsikan untuk menyediakan koneksi internet untuk perangkat Anda.

3. Tidak Perlu Boros Daya Handphone

Menggunakan tethering dari handphone Anda akan menghabiskan daya dengan cepat dan membuat handphone panas. Terlebih jika Anda gunakan terlalu lama.

Dengan menggunakan WiFi portable, Anda tidak perlu menghabiskan baterai handphone Anda dan bisa menggunakannya untuk keperluan yang lain.

4. Fleksibel dan Simple

Tentunya WiFi portable yang digunakan untuk dapat dibawa kemana-mana dibuat dengan ukuran yang kecil. Sehingga, ketika Anda harus pergi ke luar kota, WiFi portable tidak akan memakan banyak ruang di dalam tas.

Fitur WiFi Portable

ilustrasi wifi portable
Sumber: pixabay.com

Saat memilih perangkat WiFi Portable harus dilakukan dengan hati-hati. Agar tidak terjebak dalam memilih perangkat yang salah, di bawah ini adalah beberapa fitur yang perlu menjadi pertimbangan Anda:

  • Ketahui terlebih dahulu kecepatan konektivitas internet yang bisa dikeluarkan perangkat wifi.
  • Kenali SIM Card dari provider apa saja yang bisa masuk dan digunakan di dalam perangkat wifi.
  • Setiap perangkat wifi portable dibekali dengan baterai yang memiliki kapasitas berbeda. Pilihlah perangkat yang mempunyai kapasitas baterai paling besar supaya Anda bisa terhubung dengan internet dalam waktu yang lebih lama lagi.
  • Perangkat wifi ini juga memiliki batasan berapa banyak perangkat yang bisa terhubung pada perangkat tersebut.

Rekomendasi WiFi Portable Serta Daftar Harga Terbaru

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi WiFi portable terbaik beserta daftar harga terbarunya:

PROLINK PRT7001H

1. Prolink PRT7001H

Prolink HSPA+ PRT7001HA adalah perangkat yang dapat memberikan akses internet secara mobile untuk notebook, smartphone, atau tablet dengan kecepatan hingga 21,6 Mbps. Anda dapat berbagi koneksi internet dari modem Wi-Fi ini dengan hingga 11 pengguna secara bersamaan. 

Modem Wi-Fi ini dilengkapi dengan baterai Li-Ion berkapasitas besar yang memungkinkan Anda tetap terhubung ke internet selama 10 jam dengan satu kali pengisian. PRT7001HA juga dilengkapi dengan layar OLED yang menampilkan status koneksi internet, sinyal, dan baterai. Sekarang Anda dapat dengan mudah mendapatkan koneksi internet instan dari mana saja.

Prolink HSPA+ PRT7001HA mendukung penggunaan melalui port USB atau koneksi nirkabel Wi-Fi. Menghubungkan perangkat dengan modem ini juga sangat mudah. Modem Wi-Fi ini dilengkapi dengan fitur Auto-APN yang secara otomatis mengatur konfigurasi internet mobile 3G dari SIM. Bagi Anda yang sering bepergian ke luar rumah atau kantor, modem Wi-Fi ini sangat cocok karena memiliki bentuk yang ringkas dan dapat dengan mudah disimpan di mana saja.

Harga: Rp229.000-Rp775.000

2. Huawei 5G Mobile Wifi Pro 3

Huawei 5G Mobile Wifi Pro 3 menawarkan sejumlah keunggulan yang menonjol. Pertama, perangkat ini mendukung konektivitas 5G, yang memungkinkan pengguna untuk menikmati kecepatan internet super cepat dan pengalaman browsing yang mulus. 

Selain itu, Huawei 5G Mobile Wi-Fi Pro 3 memiliki desain yang kompak dan portable, sehingga mudah dibawa-bawa saat bepergian. Perangkat ini juga dilengkapi dengan baterai yang tahan lama, sehingga dapat digunakan untuk waktu yang lama tanpa perlu sering-sering mengisi daya. 

Kemudian juga, Huawei 5G Mobile Wifi Pro 3 memiliki fitur yang aman dan canggih, seperti enkripsi data dan pengaturan kontrol orang tua, yang membantu menjaga privasi dan keamanan pengguna. Dengan semua keunggulan ini, Huawei 5G Mobile Wi-Fi Pro 3 menjadi pilihan ideal bagi mereka yang menginginkan konektivitas 5G yang andal dan fleksibel di mana saja dan kapan saja.

Harga: Rp14.997.000

3. Telkomsel Orbit Mifi Z1 Portable Modem Wifi 4G High Speed

Orbit MiFi memiliki beberapa keunggulan spesifik yang menonjol. Pertama, perangkat ini portable dengan baterai sehingga dapat dibawa ke mana saja dengan mudah. Selain itu, Orbit MiFi juga memiliki jangkauan luas dengan sinyal 4G LTE Telkomsel yang memberikan konektivitas yang cepat dan stabil. 

Keuntungan lainnya adalah pengguna dapat membeli kuota sesuai kebutuhan tanpa harus terikat dengan biaya bulanan. Aktivasi perangkat juga sangat mudah dan cepat, hanya melalui aplikasi My Orbit. Selain itu, setiap pembelian Orbit MiFi juga dilengkapi dengan bonus kuota Telkomsel sebesar 15 GB selama 60 hari. Produk ini pun memiliki garansi resmi selama 12 bulan. 

Spesifikasi Orbit MiFi Z1 mencakup modem ZTE MF920US, frekuensi jaringan FDD/TDD/UMTS/WCDMA, kecepatan download/upload CAT4 150 Mbps/50 Mbps, tingkat kecepatan hingga 15 Mbps, maksimal pengguna 32 orang, daya 5V / 1A, antarmuka USB Micro USB 2.0 High Speed, baterai 2.050 mAH (tidak dapat dilepas), jarak maksimal MiFi 10 meter tanpa halangan, teknologi Wifi 2.4 Ghz, teknologi selular 2×2 MIMO LTE, ukuran modem 107 x 63 x 14 mm, dan tersedia dalam warna hitam.

Harga: Rp709.000

4. WiFi BOLT MF90

BOLT MF90 adalah perangkat yang menawarkan berbagai kelebihan bagi pengguna yang menginginkan koneksi internet yang praktis dan handal. Salah satu kelebihan utamanya adalah kemampuan untuk menghubungkan hingga delapan pengguna sekaligus melalui fitur WiFi. Dengan adanya dukungan koneksi B/G dan N, modem ini dapat diandalkan untuk menghubungkan berbagai perangkat seperti smartphone, laptop, dan tablet.

Selain itu, MF90 dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 2300mAh. Dengan daya tahan baterai hingga enam hari dalam mode standby dan kemampuan streaming selama enam jam, Anda dapat menikmati koneksi internet tanpa khawatir kehabisan daya. 

Modem ini juga dilengkapi dengan slot Micro SD yang dapat berfungsi sebagai pembaca kartu, memungkinkan Anda mengakses data dari kartu memori melalui koneksi USB ke komputer.

Modem ini juga menawarkan kecepatan koneksi yang mengesankan, mencapai 72 Mbps, jauh lebih tinggi daripada koneksi 3G yang hanya memiliki kecepatan maksimal 14.7 Mbps. Kemudahan penggunaan juga menjadi salah satu kelebihan modem ini, karena tidak memerlukan konfigurasi yang rumit. Cukup masukkan kartu SIM, nyalakan modem, dan sambungkan perangkat Anda melalui WiFi (password WiFi tertera di tutup baterai), maka Anda dapat langsung terhubung ke internet. 

BOLT MF90 juga mendukung pengisian daya melalui colokan micro USB, sehingga Anda dapat mengisi daya menggunakan charger ponsel atau power bank. Jika laptop Anda tidak memiliki WiFi, Anda juga dapat menghubungkannya ke modem ini melalui kabel USB. Selain itu, modem ini menyediakan berbagai pengaturan menu yang lengkap, termasuk fitur UPnP dan pembaruan firmware. Anda juga dapat mengatur batasan kuota data agar tidak menghabiskan kuota internet secara berlebihan.

Harga: Rp225.000

5. TP-Link M7650

TP-Link M7650 adalah modem yang menghadirkan berbagai keunggulan bagi pengguna yang membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Salah satu keunggulan utamanya adalah dukungan untuk jaringan 4G LTE, yang memungkinkan pengguna untuk menikmati kecepatan koneksi yang sangat tinggi. Dengan teknologi 4G LTE Advanced, modem ini mampu mencapai kecepatan download hingga 600 Mbps, memungkinkan pengguna untuk streaming video, menjelajah web, dan mengunduh file dengan lancar dan tanpa hambatan.

Selain itu, TP-Link M7650 juga dilengkapi dengan fitur dual-band Wi-Fi, yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan berbagai perangkat secara bersamaan. Modem ini mendukung frekuensi 2.4GHz dan 5GHz, sehingga pengguna dapat memilih frekuensi yang paling optimal untuk perangkat mereka.

Dengan kemampuan untuk menghubungkan hingga 32 perangkat secara bersamaan, modem ini sangat ideal untuk digunakan di rumah, kantor, atau saat bepergian dengan kelompok besar. Selain itu, TP-Link M7650 juga dilengkapi dengan layar LCD yang informatif, yang memudahkan pengguna untuk melihat informasi penting seperti status koneksi, kuota data yang tersisa, dan pengaturan lainnya. Dengan keunggulan-keunggulan ini, TP-Link M7650 menjadi pilihan yang sempurna bagi mereka yang membutuhkan koneksi internet yang cepat, stabil, dan dapat diandalkan di mana saja dan kapan saja.

Harga: Rp3.450.000-Rp5.500.000

6. Netgear Nighthawk M1

Netgear Nighthawk M1 adalah modem yang menawarkan berbagai keunggulan bagi pengguna yang membutuhkan koneksi internet mobile yang handal dan canggih. Salah satu keunggulan utamanya adalah kemampuan untuk mengakses jaringan 4G LTE Advanced, yang memberikan kecepatan koneksi yang sangat tinggi dan performa yang tak tertandingi. Dengan kecepatan unduh hingga 1Gbps dan kecepatan unggah hingga 150Mbps, modem ini memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming video 4K, bermain game online, dan mentransfer file dengan cepat dan tanpa gangguan.

Selain kecepatan yang luar biasa, Netgear Nighthawk M1 juga dilengkapi dengan fitur-fitur hebat lainnya. Modem ini memiliki baterai yang tahan lama, dengan daya tahan hingga 24 jam, sehingga pengguna dapat menikmati koneksi internet yang stabil di mana saja dan kapan saja. 

Modem ini juga dapat berfungsi sebagai hotspot Wi-Fi, dengan kemampuan untuk menghubungkan hingga 20 perangkat secara bersamaan. Selain itu, Netgear Nighthawk M1 dilengkapi dengan port Ethernet dan port USB, yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkannya ke perangkat lain seperti komputer, printer, atau penyimpanan eksternal. Dengan keunggulan-keunggulan ini, Netgear Nighthawk M1 adalah pilihan terbaik bagi mereka yang membutuhkan koneksi internet mobile yang cepat, handal, dan serbaguna.

Harga: Rp450.000-Rp475.000

7. Xiaomi Mi Wifi Router 4G

Xiaomi Mi Wifi Router 4G adalah router WiFi yang memiliki berbagai kelebihan. Router ini sangat cocok untuk digunakan di Smart Home. Salah satu keunggulannya adalah dilengkapi dengan 4 antena eksternal omnidireksional yang dapat menghasilkan sinyal yang lebih kuat.

Xiaomi Mi Wifi Router 4G juga mendukung protokol 802.11n dengan kecepatan mencapai 300 Mbps. Hal ini memungkinkan Anda untuk menikmati koneksi internet yang cepat dan stabil. Dengan memori sebesar 64MB, router ini dapat beroperasi secara stabil dan dapat terhubung dengan hingga 32 perangkat sekaligus.

Salah satu fitur menarik dari Xiaomi Mi Wifi Router 4G adalah kemampuannya untuk mengelola jaringan WiFi dari jarak jauh melalui aplikasi Mi WiFi. Anda dapat dengan mudah mengatur pengaturan WiFi dan mengontrol perangkat yang terhubung dengan router ini melalui aplikasi yang tersedia.

Selain itu, Xiaomi Mi Wi-Fi Router 4G juga memiliki proses instalasi yang cepat dan mudah. Hanya dalam 3 langkah, Anda dapat mengatur router ini dan mulai menikmati koneksi WiFi yang andal. Desainnya yang ramping dan minimalis dengan casing plastik putih matte juga membuatnya terlihat elegan dan cocok untuk ditempatkan di berbagai ruangan.

Harga: Rp275.000-Rp220.000

8. Alcatel LinkZone 4G

Alcatel LinkZone 4G memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik untuk penggunaan internet mobile. Pertama, perangkat ini menawarkan konektivitas 4G yang cepat dan handal. Dengan dukungan jaringan 4G, pengguna dapat menikmati kecepatan internet yang tinggi dan stabil, sehingga memungkinkan untuk melakukan streaming video, menjelajahi internet, dan mengunduh konten dengan lancar. Kecepatan yang ditawarkan oleh Alcatel LinkZone 4G memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung dengan dunia online dengan mudah dan tanpa gangguan.

Selain itu, Alcatel Link Zone 4G juga memiliki desain yang portable dan mudah digunakan. Perangkat ini dirancang dengan bentuk yang kompak, sehingga mudah dibawa dalam perjalanan. Pengguna dapat dengan mudah mengakses internet saat bepergian atau di tempat-tempat dengan konektivitas WiFi yang terbatas. 

Alcatel LinkZone 4G juga dilengkapi dengan antena internal yang kuat untuk meningkatkan sinyal, sehingga pengguna dapat memperoleh koneksi yang lebih baik. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan antarmuka yang intuitif dan user-friendly, sehingga pengaturan dan penggunaannya menjadi lebih mudah bahkan bagi pengguna yang tidak terlalu berpengalaman. Dengan segala keunggulan ini, Alcatel LinkZone 4G adalah pilihan yang ideal untuk pengguna yang membutuhkan akses internet mobile yang cepat, andal, dan mudah digunakan dalam perjalanan.

Harga: Rp1.000.000-Rp2.800.000

9. ZTE Velocity 2

ZTE MF 985 (AT&T Velocity 2) merupakan hotspot seluler 4G LTE yang dikembangkan oleh ZTE. Dengan chipset Qualcomm MDM 9240, hotspot seluler ZTE MF 985 dapat mencapai kecepatan unduh hingga 600 mbps dan kecepatan unggah hingga 150Mbps. Dengan kapasitas baterai 3000mAh yang dapat dilepas, hotspot ini mampu mendukung waktu kerja hingga 12 jam.

Hotspot seluler ZTE MF 985 (AT&T Velocity 2) memiliki beberapa spesifikasi yang menarik. Nomor modelnya adalah ZTE Velocity 2 (MF 985), dan dilengkapi dengan chipset Qualcomm MDM 9240 yang handal. Hotspot ini mendukung jaringan 4G LTE pada pita B2, B4, B5, B12(17), B29, B30, dan B66, serta jaringan 3G HSPA+ pada frekuensi 850/1900/2100MHz yang mendukung roaming global. Namun, hotspot ini tidak mendukung jaringan 2G GSM EDGE.

Hotspot ZTE MF 985 dapat terhubung dengan maksimal 10 perangkat yang memiliki fitur WiFi. Selain itu, hotspot ini juga mendukung fitur USB Tethering. Panel kontrolnya dapat diakses melalui alamat IP 192.168.1.1 atau melalui attwifimanager/. Kata sandi default untuk mengakses panel kontrol adalah “attadmin”. Terdapat juga dukungan untuk tethering USB dengan WiFi Ranger dan Pepwave, walaupun hal ini masih dalam kemungkinan dan belum dikonfirmasi.

Dalam hal kinerja, hotspot ini mendukung teknologi LTE-Advanced Carrier Aggregation dengan tiga saluran 20MHz. Dukungan MIMO 2×2 juga disediakan untuk meningkatkan kualitas sinyal. Kategori kinerja LTE hotspot ini adalah Kategori 13 ke atas untuk kecepatan unduh dan Kategori 12 ke bawah untuk kecepatan unggah, dengan kecepatan teoretis maksimal 600 Mbps untuk unduhan dan 150Mbps untuk unggahan. Terdapat juga dua port antena seluler eksternal TS9 untuk meningkatkan jangkauan sinyal. Dengan fitur-fitur yang lengkap dan performa yang tangguh, ZTE MF 985 (AT&T Velocity 2) menjadi pilihan yang menarik untuk pengguna yang membutuhkan akses internet yang cepat dan stabil.

Harga: Rp4.500.000-Rp8.700.000

10. D-Link DWR-932C

D-LINK DWR-932C N300 4G/LTE WIFI MOBILE MODEM ROUTER

D-Link DWR-932C adalah perangkat MiFi yang mendukung koneksi 4G LTE dengan pita frekuensi yang kompatibel dengan seluruh operator di Indonesia, kecuali operator yang menggunakan TDD-LTE.

Selain itu, D-Link DWR-932C juga dapat digunakan dengan operator luar negeri saat Anda berada dalam perjalanan. Namun, pastikan operator di negara tersebut menggunakan jaringan yang didukung oleh perangkat ini.

D-Link DWR-932C memiliki desain yang ringkas dan ringan, terbuat dari bahan plastik. Bagian bawahnya dapat dibuka dan dilepas untuk mengakses baterai dan slot kartu mini-SIM. Perangkat ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 2.000 mAh yang diklaim dapat memberikan daya hingga lima jam penggunaan non-stop.

Desain sederhana juga terlihat pada bagian depan perangkat ini. Terdapat tiga lampu indikator yang menunjukkan status sinyal nirkabel, sinyal jaringan seluler, dan tingkat baterai. Lampu indikator ini juga dapat berubah warna sesuai kondisi, misalnya menjadi merah ketika baterai hampir habis.

Untuk pengaturan lebih lanjut, Anda dapat mengakses panel kontrol web perangkat ini seperti halnya mengatur router nirkabel. Namun, saat kami mencobanya, D-Link DWR-932C dapat secara otomatis mengenali seluruh operator seluler di Indonesia tanpa perlu melakukan pengaturan APN tambahan.

Harga: Rp630.000-Rp700.000

Kesimpulan

Dengan menggunakan WiFi portable, Anda tidak lagi terbatas pada hotspot publik yang mungkin tidak stabil atau memiliki biaya tambahan. Anda dapat dengan mudah membuat jaringan WiFi sendiri yang dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat Anda, seperti laptop, smartphone, atau tablet, ke internet dengan kecepatan yang cepat dan aman. Ini memberikan fleksibilitas dan kebebasan untuk tetap terhubung dan produktif dalam perjalanan atau di tempat-tempat di mana koneksi internet mungkin terbatas.

Baca juga: Spesifikasi Modem Huawei Mobile Wifi E5576-606, Terlengkap!

Anugrah Pratama adalah online store yang tepat untuk menemukan wifi portable dengan kualitas terbaik. Kami juga menyediakan berbagai macam laptop dan perlengkapan komputer lainnya. Segera hubungi admin untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

AnugrahPratama.com

Klampis Jaya 29E, Surabaya 60117
Jawa Timur – Indonesia
Telepon: 031-5928580
Whatsapp: 08113127777
https://www.anugrahpratama.com