close
Review

Review InFocus IN226: Harga dan Performa Boleh Diadu

Setelah seminggu yang lalu banyak sekali artikel review tentang printer, kini kami beralih untuk mengulas beberapa hardware lain. Kali ini kita akan mengupas sebuah proyektor dari pabrikan asal Oregon, California, Yap, produsen proyektor ini bernama InFocus. Tepatnya kami akan membahas salah satu produknya yang diberi nama InFocus IN226. Review InFocus IN226 ini bertujuan untuk memberikan anda pandangan yang lebih spesifik terhadap projector jenis ini secara faktual.review infocus in226

Ini dia, kami berikan review InFocus IN226

Overview

InFocus IN226 datang dengan slogan terjangkau, stabil dan memiliki nilai yang tak terkalahkan. Projektor InFocus IN226 ini hanya diperdagangkan di area Asia-Pasifik saja, karena mungkin dengan harganya yang cukup terjangkau, pasar projector ini ditujukan untuk kalangan menengah kebawah (mid-end). Proyektor InFocus IN226 ini digadang-gadang merupakan proyektor yang memiliki harga yang cukup terjangkau dengan fasilitas yang cukup memadai, semisal pencegahan debu, tingkat operasi yang stabil dan mampu digunakan disegala jenis lingkungan.

Proyektor InFocus IN226 datang dengan dibekali teknologi BrilliantColorTM khas InFocus, memiliki kecerahan dan kontras rasio yang tinggi pula. InFocus IN226 juga dilengkapi dengan berbagai teknologi baru hasil inovasi perusahaan produsennya seperti:

1. Sistem pendingin dengan efisiensi tinggi (High efficient cooling system)

Struktur desain yang baru dengan main board yang diposisikan secara vertical untuk membuat jalur keluar masuk udara lebih efisien sehingga udara panas yang ada dalam projektor tidak terjebak. Dilengkapi dengan kipas pendingin yang kuat dan kokoh, menyebabkan volume udara yang masuk akan jauh lebih banyak dibandingkan sistem pendingin yang lama

2. Perlindungan terhadap debu dengan intensif (Extra Intensive dust proof)

Selain optic yang tersegel dengan baik dan rapi, terdapat beberapa perlindungan tambahan terhadap debu yang masuk. Seperti, sepasang filter pelindung debu yang terpasang pada setiap sisi tempat terjadinya pertukaran udara, yang mana akan menambah proteksi terhadap debu. Selain itu filter ini bisa dilepas dan dipasang kembali, hal ini memudahkan anda untuk membersihkannya.

3. Interface koneksi yang bervariasi

Proyektor ini memiliki banyak sekali interface untuk sambungan terhadap input device, jadi anda tak perlu takut atau bingung ketika anda tidak bisa menyambungkan dengan satu interface. Anda bisa mencoba menyambungkannya dengan opsi interface lainnya.

review infocus in226
Interface pada InFocus IN226

4. Efisiensi pengeluaran

Tidak hanya dengan harga yang terjangkau, efisiensi pengeluaran yang rendah ini diharapkan mampu memberikan kenyamanan bagi para konsumen dari InFocus IN226. InFocus IN226 memiliki lifetime (masa hidup) yang lebih lama daripada tipe-tipe sebelumnya dan yang pasti performa yang cukup menjanjikan.

Beberapa teknologi baru diatas tentu saja dapat membantu anda menjalankan pekerjaan anda, selain itu dapat memberikan anda kenyamanan dikarenakan anda tidak perlu lagi khawatir terhadap berbagai kemungkinan rusaknya hardware tersebut.

Spesifikasi InFocus IN226

Tentu saja akan terjadi ketimpangan dalam mengupas InFocus IN226 ini jika kita hanya berpedoman terhadap teknologi baru yang diterapkan pada projektor ini. Mungkin memang beberapa teknologi baru tadi mampu memberikan warna perbedaan yang cukup kental sehingga juga layak dipertimbangkan, namun mengetahui spesifikasi dari produk ini juga tak kalah penting, karena tak ada yang lebih memberikan kenyamanan daripada mengetahui benda tersebut secara detail. Ini dia spesifikasi dari proyektor InFocus IN226.

Spesifikasi InFocus IN226:

Native Resolution XGA
Kecerahan 3500 lumens
Rasio Kontras 17000:1
Teknologi Display DLP 0.55”DDP4421
Color Wheel 6 Segment
Aspek Rasio 4 : 3
Lensa Projection 2.41 (wide) ~ 2.55 (tele)
Ukuran Gambar 30”~ 298”
Uniformity 80%
Throw Ratio 1.95 ~ 2.15
Throw Distance 1.2 m to 12 m
Zoom Ratio 1.1x
Keystone Correction ±40° Vertical
Noise 32dB (normal) / 29dB (eco)
Input VGA-in*2, Composite video, S-video, Audio-in*2, mini USB, HDMI
Output VGA-out, Audio-out
Control RS232
Video Compatibility PAL (B, D, G, H, I, M, N, 4.43MHz), NTSC (M, J, 3.58MHz, 4.443MHz), SECAM (B, D, G, K, K1, L, 4.25,MHz, 4.4MHz, 480i/p, 576i/p, 720p(50/60Hz), 1080i(50/60Hz) 1080p(24/50/60Hz)
Lamp 190W
Lamp Life 5000 Hours (Normal) / 6000 Hours (Eco)
H-Synch Range 15.3 – 91.1KHz
V-Synch Range 24~85Hz
Standby <0.5W
Konsumsi Tenaga 225W bright mode/191W eco mode
Power supply 100~240V AC @ 50~60 HZ
Operating Temp. 5℃~40℃
Storage Temp. -10℃~60℃
Demission 314.3×223.6×88.2 mm (w/o feet)
Weight 2.35 kg
Standard Accessories User Manual (CD), Safety/Reg card, VGA cable (1.8M), Power cord (1.8M), Remote control

 

Itulah beberapa spesifikasi lengkap yang ada pada Projector InFocus IN226, jika kita melihat seluruh spesifikasi diatas, dengan harga yang dibandrol sekitar 5 jutaan, proyektor ini cukup worthed untuk penggunaan presentasi dalam ruangan tertutup.

Kelebihan dan Kekurangan

Setelah melihat beberapa spesifikasi yang ada pada proyektor InFocus IN226, kita dapat mengambil beberapa kelebihan dan kekurangan proyektor ini. Ini dia beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada pada produk InFocus IN226:

Kelebihan:

Sistem pendingin yang telah berevolusi, tak bisa dipungkiri sebauh proyektor ketika beroperasi mampu menghasilkan panas yang cukup tinggi, hal ini tentu saja tidak baik mengingat panas yang berlebihan mampu merusak komponen yang ada pada proyektor. Nah, jika komponen yang ada cepat rusak maka anda sendiri yang akan dirugikan. Untuk InFocus IN226 ini sudah dilengkapi dengan thermal desain yang baru dan terbukti lebih membuat proyektor menjadi lebih dingin/mampu mengurangi panas berlebih.

Filter pelindung debu yang bisa dilepas, dibekali dengan sistem pendingin yang bagus juga dilengkapi dengan filter pelindung debu yang bisa dilepas agar bisa dibersihkan. InFocus IN226 serasa mendapatkan perlindungan berlapis yang mampu menghindarkan proyektor ini dari lensa yang berdebu dan panas yang berlebihan

Tingkat kecerahan yang tinggi, dengan tingkat kecerahan yang tinggi akan mampu membantu anda dalam menjalankan presentasi di ruang terbuka, namun hal ini sangat tidak disarankan mengingat proyektor ini tidak didesain untuk penggunaan diluar ruangan tertutup.

Mendukung teknologi 3D, banyak sekali proyektor yang tak bisa menampilkan 3D padahal sekarang ini 3D sudah cukup berkembang. Anda tidak akan menemukan kendala ini saat menggunakan proyektor InFocus IN226, proyektor besutan InFocus ini hadir dengan teknologi 3D yang mampu membuat anda menikmati setiap detail 3D yang ada.

Produksi warna yang akurat dan pas, dengan teknologi produksi warna yang akurat ini akan membantu anda dalam menampilkan gambar pada input device anda. Hasil gambar memang tidak sepenuhnya sama, namun setidaknya gambar yang dihasilkan tidak berbeda jauh.

Kekurangan

Model proyektor terlihat kaku, bisa dibilang jika model InFocus IN226 masih terlihat kaku dibandingkan dengan proyektor-proyektor tipe lainnya. Modelnya juga terkesan jadul dan tidak terlihat artistic, desain yang terkesan besar tidak melambangkan proyektor yang banyak dijual dipasaran.

Aspek rasio yang kecil (4:3), dengan aspek rasio sebesar 4:3 hasil tampilan yang diberikan terkesan lebih besar dan tidak minimalis. Meski untuk proyektor dikelasnya aspek rasio 4:3 sudah terbilang cukup bagus dan mampu mengakomodasi kebutuhan.

Jarak proyeksi yang terlampau dekat, jika anda menggunakan proyektor InFocus IN226 maka anda tidak bisa terlalu jauh dari layar, hal ini membuat fokus dari proyektor berkurang dan tampilan menjadi tidak bagus.

Kesimpulan

Dalam artikel review InFocus IN226 bisa kita ambil kesimpulan, bahwa InFocus IN226 merupakan proyektor yang cukup baik. Dengan harga yang berada pada kisaran 5 jutaan, InFocus IN226 mampu memberikan teknologi yang cukup bersaing, bahkan dengan beberapa proyektor yang lebih mahal.

Anda pun juga diberikan sebuah kenyamanan oleh pihak InFocus dengan menggaransi proyektor tersebut selama 2 tahun, biasanya para produsen-produsen proyektor tidak pernah memberikan garansi diatas 1 tahun. Namun, jika kegiatan presentasi anda berada di lingkungan terbuka, maka anda harus berpikir 2 kali untuk membeli proyektor tipe ini.

2 Comments

Leave a Response