close

Cara Cleaning Printer Gampang! Tidak akan selamanya printer yang sobat gunakan dapat mencetak dokumen dengan sempurna. Ketika printer baru saja dibeli dan kemudian digunakan untuk mencetak dokumen, pasti hasil cetakannya akan sangat bagus. Ada saatnya dimana kamu akan menemui masalah terhadap printer yang digunakan. Misalnya hasil cetakan printer yang putus-putus, hingga tinta yang tidak keluar. Jika tinta pada catridge tidak keluar, maka kamu bisa melakukan “Cleaning“.

Ada cara yang bisa dilakukan untuk melakukan cleaning dengan benar. Cara ini untuk menghindari kerusakan pada bagian printer lainnya atau lebih tepatnya mencegah kerusakan pada head. Harga head printer itu mahal sekali loh, bahkan harganya mencapai separuh dari harga printer. Maka dari itu kamu perlu melakukan head cleaning dengan benar.

Ada banyak sekali jenis printer, tetapi untuk melakukan cleaning hampir semuanya sama. Tujuan cleaning itu sendiri adalah untuk menghindari tinta yang meluber dan juga untuk melancarkan lubang nozzle saat tinta keluar dari catridge ke head printer. Selain itu fungsi dari cleaning adalah sebagai perawatan printer secara rutin agar bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Baca juga : Cara merawat printer dengan benar

Kenapa Cleaning Printer Perlu Dilakukan?

Karena untuk membersihkan dan membuang tinta yang sudah mengendap dan menggumpal dibagian bawah catridge, sehingga nantinya tinta dapat keluar dengan lancar dan proses mencetak dokumen lebih maksimal.

Cara melakukan Cleaning

  1. Masuk ke Control Panel
Cara Cleaning Printer Gampang!

2. Pilih View Device and Printers

Cara Cleaning Printer Gampang!

3. Cari printer yang mau kamu Cleaning, klik kanan dan pilih Printer Properties

4. Akan muncul layar kerja General yang bisa digunakan untuk melakukan Print Test Page. Pilih tab paling kanan yaitu Maintenance. Klik bagian Maintenance and Preferences.

Catatan : jika setelah di klik ada notifikasi harus download driver, kamu harus pergi ke website resmi merk printer kemudian cari dan download driver yang sama tertera dengan yang ada pada notifikasi.

5. Setelah itu kamu akan disuguhkan beberapa menu, begini penjelasan singkatnya

Cleaning : Melakukan pembersihan tinta yang lebih ringan.
Deep Cleaning : Melakukan pembersihan yang lebih mendalam untuk cleaning head.
Nozzle Check : Pengecekan Kondisi cetak yang sedang berlangsung.

Lebih disarankan menggunakan “Cleaning” dibanding ” Deep Cleaning” Karena Deep Cleaning lebih mudah merusak Head Cartridge.

Cara Cleaning Printer Gampang!

6. Klik Cleaning lalu Start Jika hasil cetak printer baru saja mengalami error dan tidak terlalu parah, disarankan menggunakan Cleaning biasa dan pada warna tertentu saja. Jika hasil cetak sudah parah meskipun sudah melakukan Cleaning biasa, bisa dicoba dengan melakukan pembersihan secara Deep Cleaning.

7. Proses cleaning sedang berlangsung dan tunggu prosesnya hingga benar-benar selesai.

Cara Cleaning Printer Gampang!


Pembersihan ini bisa dilakukan secara berkala seminggu sekali atau seperlunya saja karena proses ini akan membuang tinta nantinya. Cleaning bisa Sobat lakukan ketika hasil cetak sudah tidak bagus padahal tinta masih dalam kondisi optimal.

Cara Cleaning Printer Gampang! Disaat kamu melakukan Cleaning atau Deep Cleaning sebaiknya berikan jarak waktu beberapa menit atau sekitar 10-15 Menit. Hal ini untuk menghindari panas pada bagian catridge sehingga bisa terjadi kerusakan. Sekarang anda sudah banyak tahu tentang bagaimana melakukan Cleaning pada printer dengan benar, silahkan mencoba tips diatas dan semoga bermanfaat. www.anugrahpratama.com