close

Enam Tips Mengoptimalkan Android

android

android

Setelah beberapa tahun Andoid dilepas di pasaran, sistem operasi ini langsung menjadi favorit oleh para pengguna. Alhasil, banyak produk ponsel hingga tablet memakai platform ini untuk ladang bisnis mereka. Jika anda adalah pengguna ponsel atau tablet Android, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan penggunaannya sehari-hari.

Perlakukan Android seperti PC

ponselandroid

Intinya Smartphone tak jauh berbeda dengan PC (Personal Computer) anda, bedanya hanya smarrtphone bisa anda bawa kemana-mana. Cara kerjanya pun juga sama dengan menggunakan manajemen memori. Layaknya PC, jika Android melambat maka pastinya RAM terlalu penuh. Kalau sudah seperti ini, anda bisa menonaktifkan program yang sedang tidak dipakai melalui task manager.

Letakkan alamat di lockscreen

 

 

 

 

 

lockscreen

Ketika ponsel anda hilang, fitur ini akan sangat membantu anda. Untuk menggunakannya, masuk ke menu Setting, lalu pilih Security kemudian ke Screen security dan Owner info. Disana akan ada boks kecil untuk memasukkan alamat atau informasi tentang pengguna.

 

Gunakan kebebasan modifikasi

 

modifikasi Android

Salah satu kelebihan dari Android yaitu anda dapat melakukan modifikasi sesuai yang diinginkan. Misal, anda bisa meletakkan aneka widget pada homescreen. Jadi, pengguna dapat membuka aplikasi yang diinginkan tanpa harus membuka aplikasinya. Kebebasan modifikasi lain yang merupakan keistimewaan dari Android yaitu  anda bisa mengganti launcher alias antar muka utama pada layar home screen anda.

 

Jangan lupa bawa Power Bank

 

powerbank android

Perangkat yang satu ini bisa jadi wajib dibawa untuk pengguna Android. Pasalnya sudah bukan rahasia lagi jika baterai dari Android tak bertahan lama. Anda bisa membeli baterai cadangan jika tipe ponsel anda baterainya dapatdilepas.

 

Pasang widget di lockscreen

widget android

Pada setiap ponsel Android, anda akan menjumpai Widget. Widget pada smartphone dapat berfungsi menampilkan beberapa macam informasi. Tak hanya dapat diletakkan pada homescreen, namun juga dapat ditaruh pada lockscreen ketika layar dalam keadaan terkunci. Cara mengaktifkannya dapat dilakukan dengan membuka menu Settings > Security lalu pilih “Enable widgets”. Setelah itu pergi ke lockscreen dan geser jari ke kiri. Setelah itu akan muncul tanda “+” dengan ukuran besar yang bisa dipakai untuk menambah aneka widget di layar lockscreen. Setelah itu anda dapat memilih aplikasi apa saja yang ingin anda tampilkan.

 

Aktifkan fitur “Ok Google”

 

ok google

Jika ingin cepat melakukan pencarian, aktifkan saja fitur “OK Google”. Fitur ini diaktifkan dahulu dengan membuka aplikasi Google memilih icon “Menu”, lalu Settings kemudia ke Voice lalu “Ok Google” detection. Berikan tanda centang pada kotak “From Google App. Kalau sudah selesai anda bisa memakai fitur ini di layar manapun pada ponsel anda dengan mengucap “OK Google”. Fitur ini tersedia pada Android sistem operasi 4.4 keatas.

Nah, sekarang anda boleh mencoba beberapa tips diatas supaya ponsel Android anda terlihat semakin keren.

Leave a Response