close
Info Komputer

Komputer Dapat Berjalan Tanpa VGA Card atau Tidak?

VGA Card
Sumber: pixabay.com

Bagi pengguna internet yang hanya browsing, mungkin VGA card tidak terlalu penting. Namun, bagi seseorang yang memiliki profesi content creator atau editing sebuah desain, sangat membutuhkan kualitas VGA card yang dapat menunjang pekerjaannya.

Tampilan yang menggunakan VGA Card akan terlihat jauh lebih baik, terlihat tajam, support desain 3D dan tampilan untuk memutar sebuah video atau foto tertentu. Memuaskan bukan apabila hasil yang diberikan sistem sesuai dengan keinginan kamu?

Terlebih saat ini, video atau gambar yang menarik sangat diperlukan supaya memiliki daya tarik dan nilai jual tersendiri. Jangan sampai kalah dengan para kompetitor yang juga ingin menampilkan hasil terbaik.

VGA singkatan dari Video Graphics Adaptor. Sebuah perangkat yang terdapat pada komputer. Berfungsi sebagai penerjemah tampilan ke layar monitor yang tersedia. Nama lain dari VGA adalah kartu grafis yang dapat meningkatkan kualitas grafis.

Kartu grafis ini akan digunakan untuk memproses dan menghasilkan mekanisme pendingin, koneksi ke perangkat tampilan, unit pemrosesan dan memori. Pada komputer terdapat dua jenis VGA diantaranya VGA Onboard dan VGA Card.

VGA Onboard yaitu unit pemrosesan yang tidak lagi membutuhkan kartu VGA karena telah terintegrasi  motherboard. Komponen ini tidak dapat melakukan pembaruan (upgrade). Jadi, hanya tampilan tersedia saja yang akan ditampilkan.

Sedangkan VGA Card adalah kebalikan dari VGA Board. Pemrosesan tetap menggunakan card dan terpisah dari motherboard.VGA yang satu ini cukup canggih dan dapat diandalkan karena bisa melakukan pembaruan komponen sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pengguna.

Apakah bisa Berjalan Tanpa CPU Card ?

Pertanyaanya apakah sebuah komputer dapat berjalan tanpa CPU card? Supaya menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasannya!

Pada dasarnya VGA card menerjemahkan elektrik pada monitor yang kemudian akan muncul gambar baik itu game, film, video atau grafik sekalipun. Tanpa adanya VGA card, layar monitor tidak akan muncul. 

Selain itu, hasilnya tidak akan seindah yang biasanya kamu lihat. Itulah kenapa peran VGA card sangat penting sekali. Namun, hal ini tergantung dari GPU yang terdapat pada perangkat yang mendorong kinerja dari komponen.

GPU ini tidak hanya daya grafis saja, tapi mampu memberikan semua yang dibutuhkan oleh komputer. Kemampuan dari komputer juga akan meningkat drastis. Jadi, jangan kaget ya apabila hal ini terjadi pada komputer yang kamu miliki.

Bagi yang menggunakan processor selain workstation (intel xeon), dapat menggunakan komputer tanpa VGA atau GPU loh. Hal tersebut dikarenakan canggihnya teknologi sehingga di dalam processor telah dilengkapi dengan VGA card atau integrated GPU.

Daftar CPU atau Processor yang Telah Terdapat GPU didalamnya

Processor yang didalamnya telah terdapat GPU, yaitu :

  • Intel Pentium Series 

Pentium adalah sebuah merek terkenal yang dikeluarkan oleh intel. Berasal dari nama yunani “pente” yang berarti lima. Intel pentium series ini telah menyertakan GPU di dalamnya sehingga dapat beroperasi tanpa VGA card.

  • Intel core-i Series 
Intel Core Generasi ke-6

Begitu juga dengan intel core I3 hingga i9 sudah dilengkapi dengan GPU tanpa harus memasang VGA Card. 

  • AMD APU Series 

Sedangkan AMD APU series yang dapat beroperasi tanpa VGA Card adalah A4 – A12.

  • AMD Ryzen Series (R3 – R9)
Motherboard AMD Aorus untuk pembuat konten dan gaming

Disusul AMD Ryzen series mulai dari R3 hingga R9 sudah dapat menampilkan layar monitor tanpa VGA card.Gunakan prosesor canggih tanpa VGA card ini dengan bijak. Sebab terlalu memaksakan dapat menyebabkan suhu processor semakin tinggi.

Setelah mengetahui beberapa cara cek VGA laptop dengan mudah, kini saatnya Anda benar – benar mendapatkannya. Di Anugrah Pratama menyediakan berbagai jenis laptop dan perlengkapannya. Temukan VGA Card dengan kualitas terbaik di sini.