close

Trik Mencegah Baterai Smartphone Panas Berlebih

baterai smartphone

Baterai pada smartphone merupakan sumber  daya utama yang sangat dibutuhkan oleh smartphone. Maka Anda wajib untuk merawatnya agar bisa tetap awet dan berguna untuk ponsel pintar yang digunakan setiap hari. Namun baterai merupakan benda yang cukup rentan dengan ledakan, apabila mengalami panas berlebihan.

baterai smartphone

Biasanya panas yang ditimbulkan disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penggunaan smartphone dengan performa maksimal yang terlalu lama. Misalnya saja digunakan untuk bermain game, multitasking, dan lainnya. Hal-hal ini bisa menyebabkan smartphone menjadi panas, bahkan rentan meledak. Berikut ini merupakan beberapa cara mencegah baterai smartphone panas berlebih, agar tidak meledak.

Mengatur penggunaan smartphone

Penggunaan smartphone yang lama biasanya dapat menguras pemakaian baterai dan tentunya semakin lama suhu baterai bisa meningkat. Anda harus bisa mengatur penggunaan pada smartphone, misalnya dengan mengurangi waktu bermain game atau video cal.

Tidak menaruh smartphone di tempat yang panas

Tahukah Anda mana saja tempat yang dapat dikatakan panas? Tidak hanya kompor saja yang dapat dikatakan panas. Namun ada beberapa tempat lain yang dapat dikatakan panas seperti dekat kipas laptop, dekat power bank yang sedang dipakai untuk charge, dalam mobil, dan masih banyak lainnya. Sebaiknya hindari smartphone Anda dari tempat-tempat tersebut.

Memperhatikan saat sedang men-charge

Tidak bisa dipungkiri jika salah satu penyebab utama baterai smartphone menjadi menggelembung, atau parahnya lagi meledak, ialah saat kita men-charge ponsel tersebut. Sebaiknya jangan melakukan pengisian baterai pada pada tempat tidur, kemudian tidak memakai smartphone untuk bermain ketika dicharge. Anda bisa meletakkan smartphone tersebut di tempat yang datar dan keras seperti meja. Tujuannya untuk menghindari panas yang berlebih pada baterai.

Itu tadi beberapa tips mencegah baterai smartphone panas berlebih, bahkan meledak. Anda juga bisa menggunakan beberapa software mendukung untuk melihat aktivitas serta kondisi baterai dengan lebih akurat.

Leave a Response